Home / Ekonomi / Perjuangkan Kesejahteraan, Pemerintah Desa Raenyale Buka Lahan Persawahan Baru

Perjuangkan Kesejahteraan, Pemerintah Desa Raenyale Buka Lahan Persawahan Baru

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Kepala Desa Raenyale (kaos merah) saat berdiskusi ringan bersama salah satu petani di lokasi lahan persawahan baru

Sabu Raijua-infontt.com,- Salah satu manfaat Dana Desa adalah membuat embung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak. Hal inilah yang diterapkan oleh Kepala Desa Raenyale,  Yan Haba Radja kepada masyarakat di desa yang Ia pimpin.

Beberapa hari lalu dengan bantuan hand traktor milik Desa Raenyale agar digunakan secara baik dan tepat sasaran dan juga memanfaatkan intensitas hujan yang turun terus menerus,  Yan bersama-sama masyarakatnya membuka lahan baru untuk persawahan.

“Adapun tujuan dikerjakannya embung di salah satu lokasi di dusun III Desa Raenyale adalah dengan melakukan perlindungan mata air yang tidak pernah kering sepanjang musim, walaupun dgn stok air yg sangat terbatas utk digunakan dalam memenuhi kebutuhan air minum,”ujarnya kepada media ini via telepon, Kamis (25/1/2018) sore.

Menurut Yan,  dengan adanya embung diharapkan dapat menyediakan stok air yang lebih baik untuk sumur (mata air) dengan kedalamnya hanya 2 meter yang dibangun oleh moyang sejak ratusan tahun lalu, serta meningkatnya lahan-lahan pertanian yang produktif demi memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.

Selain itu pemerintah Desa Raenyale,  Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua ini juga melakukan pelatihan di bidang pertanian, peternakan, pengolahan pupuk kompos serta pakan ternak, dan juga program lain untuk menunjang serta meningkatkan produksi padi sebagai produk unggulan desa.

“Lewat Dana Desa Tahun 2017 Pemerintah Desa Raenyale telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan pupuk organik cair dan pupuk organik padat dengan sasaran 17 kelompok tani yang ada di Desa Raenyale,”ungkapnya.

Lanjutnya, masyarakat juga diwajibkan agar setiap kelompok tani melakukan demplot, sehingga bisa melakukan perbandingan menggunakan pupuk organik dan non organik.

“Sudah saatnya pemerintah hadir untuk memulai membangun negeri ini dari desa. Karena dari pedalaman desa kita bisa melihat perubahan dan pembangunan itu sendiri,”jelas Yan Haba Radja.

Laporan: Chris Bani

Check Also

Permaskku Melakukan Aksi Nyata Menanam 1000 Anakan Pohon di Desa Nekmese

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Amarasi-InfoNTT.com,- Aksi nyata Persatuan Mahasiswa Kabupaten Kupang (Permaskku) dan Persatuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *