Home / News / Berpikir Rasional, Peran Pemuda TTS Bukan Sekedar Peduli

Berpikir Rasional, Peran Pemuda TTS Bukan Sekedar Peduli

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Pemuda TTS

Infontt.com,- Pemuda adalah orang yang berusia mulai dari 17-30 tahun, dimana pada usia-usia tersebut pemuda dinilai memiliki kekuatan tinggi, baik itu kekuatan dari segi fisik, mental, pemikiran yang rasional dan kreatifitas yang tinggi.

Oleh karena itu, pemuda harus bisa menggali potensi dan kreatifitas yang ada pada dirinya dengan tujuan, agar bisa menjadi pemuda yang benar-benar produktif dalam menentukan segala sesuatu, baik yang sedang ia alami maupun yang sedang masyarakat luas alami. Dengan potensi dan kreatifitas yang dimiliki, pemuda akan banyak membawa dampak positif bagi dirinya, yakni dengan dikenal dan bahkan disenangi oleh masyarakat luas, baik itu dari kalangan tua, muda dan anak-anak. Karena, dengan potensi yang dimilikinya, pemuda bisa menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sekitar dimanapun ia berada, sehingga dari hal tersebut menjadi banyak masyarakat yang senang terhadapnya.

Bukan hanya orang tua dan keluarga saja yang bangga mempunyai anak yang benar-benar memiliki jiwa pemuda yang tinggi, penuh semangat dalam perjuangan mencapai sesuatu yang ingin ia capai, tetapi masyarakat sekitar pun bangga mempunyai pemuda yang memiliki potensi dan kreatifitas yang nantinya bisa membawa perubahan bagi daerah dimana pemuda tersebut tinggal.

Apalagi di zaman sekarang, banyak pemuda yang merusak dirinya sendiri dengan mengkonsumsi barang-barang yang bisa merusak, baik merusak fisik maupun jiwanya, seperti mengkonsumsi narkoba, minuman keras, serta terjebak dalam pergaulan bebas dan lainnya, yang bisa membuat masa depan pemuda tersebut menjadi suram. Sebab, dengan kondisi fisik dan jiwa yang rusak, pemuda akan sulit bisa menjadi pemuda yang pada umumnya diharapkan masyarakat luas bisa menjadi pemuda yang bisa membawa perubahan positif bagi daerah, negara dan bangsanya.

Pemuda TTS sebagai contoh, mereka saling berkomunikasi lewat media sosial Facebook (Grup Facebook PEMUDA TTS) dan lewat Facebook mereka menunjukan aksi nyata (membersihkan sampah dan lain sebagainya) dan memberikan pelajaran ke generasi muda khususnya di Kabupaten TTS bagaimana harus menjadi pemuda yang cerdas dan pintar, sebab bagi pemuda pemuda di grup Facebook PEMUDA TTS, kecerdasan dan kepintaran bisa membuat pemuda bisa menganalisa sesuatu yang terjadi dalam masyarakat dan bisa mencari solusi yang tepat dalam mangatasi masalah tersebut, sehingga bisa mengarahkan pemuda lebih smart lagi, dan bisa membawa pemuda dengan mudahnya bisa menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat. Karena, dengan kecerdasan dan kepintaran yang ia miliki bisa membuat masyarakat terkagum atas apa yang ia sampaikan.

Pemuda TTS mengajarkan hal penting yang harus dilihat oleh semua pemuda bahwa pemuda harus care terhadap sesuatu yang terjadi di dalam masyarakat. Jangan menjadi pemuda yang tidak memperdulikan sama sekali dengan apa yang terjadi didalam masyarakat. Dengan kata lain, tidak menjadi pemuda yang pasif, melainkan harus menjadi pemuda yang care terhadap apapun selama itu masih mengarah pada kebaikan. Care disini maksudnya mempunyai perhatian, kepedulian dan ketelitian dalam menanggapi masalah-masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.
Akan tetapi, dengan perkembang ilmu pengetahuan dan teknologi, bisa dilihat seberapa banyak pemuda yang bisa produktif, smart dan care terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan sekarang ini. Contohnya sekarang, pemuda lebih menyukai berjam-jam dengan hendponenya ketimbang ikut bergabung dalam sebuah organisasi dan berpartisipasi didalamnya demi kepentingan bersama dalam mencapai suatu tujuan. Sehingga, tidak bisa memberikan contoh yang baik pada para pemuda lainnya dan menjadikan para pemuda yang lainnya menjadi apatis.

Maka dari itu, jadilah pemuda-pemuda yang bisa membawa perubahan-perubahan yang positif, sehingga bisa membuat masyarakat menyukainya, dan bahkan diharapkan bisa menjadi contoh yang baik pula bagi para pemuda yang tadinya tidak produktif, smart dan tidak care menjadi pemuda yang produktif, smart dan care. Betapa bangganya bisa menjadi pemuda yang bisa memberikan manfaat besar bagi perubahan pada daearah, negara dan bangsa. Karena, pemuda yang baik adalah pemuda yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Tidak mudah menjadi pemuda yang bisa bermanfaat bagi orang banyak, tetapi jika ada kemauan menuju kearah tersebut, yang tadinya tidak mudah akan terasa mudah jika dijalankan dengan niat dan kesungguhan dalam diri. Untuk itu, jadilah pemuda semangat yang tinggi dan menyukai hal-hal baru yang positif. (Chris Bani)

Check Also

Permaskku Melakukan Aksi Nyata Menanam 1000 Anakan Pohon di Desa Nekmese

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Amarasi-InfoNTT.com,- Aksi nyata Persatuan Mahasiswa Kabupaten Kupang (Permaskku) dan Persatuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *