Rabu , Januari 24 2018
Home / News / Melki Laka Lena: Objek Wisata Sabu Raijua Didominasi Oleh Budaya

Melki Laka Lena: Objek Wisata Sabu Raijua Didominasi Oleh Budaya

Sabu-infontt.com,- Calon Gubernur NTT Emanuel Melkiades Laka Lena dalam kunjungannya ke Kabupaten Sabu Raijua dalam rangka menyelenggarakan Sayembara AYO BANGUN NTT. Selain mengikuti Sayembara AYO BANGUN NTT, Melki Laka Lena juga sempatkan diri duduk diskusi bersama beberapa Anggota DPRD Sabu Raijua, Deni Lado (partai Demokrat), Yusak Musa Robo (PDI-P), Ello Huma Lado (Partai Golkar) dan Wakil Ketua DPRD Sabu Raijua, Ruben Kali Dipa (Partai Golkar) dan mengunjungi tempat pariwisata Sabu Raijua,Selasa (24/5/2017).

Tidak jauh dari jantung kota Seba, Melki Laka Lena juga mengunjungi salah satu lokasi wisata Napae. Melki sempatkan waktu melihat bangunan budaya berbentuk lopo di pinggir pantai.

Lisa Djami, salah satu pegawai Pemda Sabu Raijua yang menjaga tempat wisata Napae mengungkapkan, setiap hari ratusan atau lebih wisatawan yang berkunjung kesini untuk mengisi waktu liburan atau hari minggu.

Melki Laka Lena menjelaskan, seperti kabupaten kabupaten lainnya di Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Sabu Raijua ternyata memiliki sejumlah obyek wisata yang sangat indah dan potensial untuk dijual menjadi destinasi wisata unggulan yang patut diperhitungkan.

Melki menambahkan, objek wisata Sabu Raijua didominasi oleh wisata budaya dan wisata pantai. Adapun beberapa yang cukup dikenal oleh wisatawan lokal yaitu Kelabba Maja, Pantai Seba dan Pantai Napae, Berbagai event upacara adat, Pantai Rai Mea, Pantai Bollow, Kampung Adat Namata dan Gua Liemadira.

Lanjut Melki, di era Bupati Marten Dira Tome dasar dasar ini sebenarnya sudah diletakkan dengan membangun pabrik garam, pabrik rumput laut dan pabrik air minun.

selain tambang pabrik rumput laut dan pabrik air minum sebagai peninggalan MDT bagi masyarakat Sabu dan inspirasi buat NTT. Sabu saja yang kering dan tandus saja bisa maju mestinya daerah NTT lain yang lebih baik sumber daya alamnya pasti harus cepat maju juga. Ujar Laka lena

Menurutnya ini sangat penting agar semua pihak baik pemerintah, swasta dan masyarakat sabu bisa bahu membahu bersama menata potensi pariwisata di Sabu Raijua, karena sabu ini merupakan salah satu daerah yang mempunyai sejarah budaya dan potensi yang cukup diperhitungkan baik daerah maupun pusat.

Selain itu, Deni Ladi Anggota DPRD Sabu Raijua dari Fraksi Demokrat dalam kesempatan bersama Melki Laka Lena mengatakan, Sabu Raijua dalam sektor pariwisata mulai nampak sebab di beberapa titik sudah mulai dibangun fasilitas penunjang untuk wisatawan. Sehingga harapan masyarakat sabu juga bisa merespon keadaan atau potensi daerah sabu demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sabu raijua.

Yusak Musa Robo dari Fraksi PDIP mengatakan demi mewujudkan Sabu menjadi salah satu destinasi pariwisata perlu kerja sama semua pihak terlebih pemerintah. Sebab, Sabu masih memeliki banyak potensi, selain keungulan di potensi laut yakni produksi rumput laut dan garam.

Kemudian Wakil Ketua DPRD Sabu Raijua, Ruben Kali Dipa Menjelaskan, bahwa butuh tekad pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan Sabu Raijua menjadi daerah tujuan wisata di tapal batas Samudera Indonesia.

“Alangkah bagusnya, pemerintah bisa memadukan keunggulan bahari selain sebagai sektor ekonomi sekaligus menjadi bagian dalam pengembangan kawasan wisata,” kata Ruben. (Tim)

Check Also

BNN NTT dan Angkasa Pura I Bandara El Tari Tandatangan MoU Kerjasama

Kupang-infontt.com,- Maraknya pengungkapan kasus penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) di Indonesia saat ini sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *