Home / News / Sumba Tengah Diguncang Gempa Magnitude

Sumba Tengah Diguncang Gempa Magnitude

Kupang–infontt.com,- Gempa magnitudo 5.0 Skala Richter (SR), mengguncang Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Kupang Sumawan mengatakan gempa tersebut terjadi pukul 20:42:54 Wita.

“Gempa terjadi di lokasi 9.32 Lintang Selatan dan 119.45 Bujur Timur,” ujar Sumawan, Minggu, 28 Agustus 2016. Gempa tersebut berada di 69 kilometer barat laut, Kabupaten Sumba Tengah, di kedalaman 69 kilometer. “Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Gempa bumi yang cukup kuat itu dirasakan di wilayah Sumba Barat seperti Waingapu, Palamedo, Karendi, Waikelo, Genggalo, Bondokodi, Lokolaka, Waikabubak, Matolang, Tanahkedungku, Lewapaku, dan Makamenggit, pada skala intensitas II SIG BMKG (III-IV MMI).

Ilustrasi
Ilustrasi
Guncangan gempabumi ini juga dilaporkan dirasakan hingga Bima, Pulau Komodo, dan Flores Barat. Banyak warga Sumba Barat terkejut akibat guncangan gempabumi ini. Bahkan beberapa diantaranya berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempabumi. (*/Ado)

Check Also

Pesan Ketua Permaskku Jelang Pilkada Kabupaten Kupang

Kupang-infontt.com,- Memilih kepala daerah sejatinya adalah mencari abdi masyarakat. Mencari pemimpin yang mau melayani warganya, berani …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *