Monas

monas 1Kupang, -.infontt.com.- Di Indonesia, orang yang tidak mengetahui tentang tugu Monumen Nasional atau yang terkenal dengan Monas, mungkin mereka yang benar-benar hidup jauh dari informasi. Kalau pun orang belum mengunjungi tempat itu, paling tidak melihat lewat layar kaca televisi, melihat gambar di buku, foto di media cetak, atau yang diceritakan sambil pembuktian dengan foto oleh orang yang pernah ke sana.
Bagaimana Monas itu? Kutipan ringkas dari Kamus Sejarah Lengkap karya Danto Pamungkas (2014) menceritakannya.
Monumen Nasional adalah land mark kota Jakarta. Peletakan batu pertama pembangunannya dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno. Desain Monas oleh Ir. Soedarsono dan Ir. Fredrich Silaban dengan konsultan Ir. Rooseno.
Monas yang terletak di depan Istana Merdeka, tingginya 137 meter, dengan puncak berbentuk nyala api. Patung nyala api terbuat dari perunggu memiliki berat 14,5 ton dan pada bagian luarnya dilapisi emas seberat 35 kg.
Pada lantai dasar Monas terdapat ruang museum dengan ukuran 80mx80m dilengkapi 12 diorama yang menggambarkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam membebaskan diri dari penjajahan bangsa lain.monas 2monas 3
Monas diresmikan penggunaannya pada tanggal 12 Juli 1975.
Nah, semoga informasi singkat ini ada manfaatnya, dan mungkin rindu untuk berkunjung? (roni)

Check Also

Pembekalan Jurnalis Kepada Anggota Kodim 1602 Ende

Kupang-infontt.com-, Prajurit Kodim 1602/Ende mengikuti pelatihan dan pembekalan jurnalistik di ruang data Kodim 1602/Ende, Kamis (31/1/2019). …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *