Jumat , Desember 15 2017
Home / News / Pemuda Harus Turun Tangan Berantas Korupsi

Pemuda Harus Turun Tangan Berantas Korupsi

sumber : www.kpk.go.id

Jakarta. Infontt. Pemuda menjadi bagian penting dalam perubahan sosial. Setidaknya, sejumlah peristiwa sejarah, dilakukan oleh para pemuda. Mulai dari Sumpah Pemuda, hingga reformasi. Karena itu, optimalisasi peran pemuda, juga harus diberdayakan dalam melawan korupsi.

Hal ini yang disampaikan Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Komisi pemberantasan Korupsi (Dikyanmas KPK) Sujanarko di Gedung KPK, Rabu (20/1) di hadapan Komunitas Turun Tangan. Sujanarko melanjutkan, pemuda yang biasanya tergabung dalam komunitas harus menjaga integritas dan independensinya.

“Indonesia yang berintegritas, ketika seluruh masyarakat Indonesia turun tangan ke hal-hal yang baik,” katanya.

Komunitas Turun Tangan diisi oleh basis anak-anak muda yang merupakan aktivis kampus yang membentuk gerakan kerelawanan untuk mendorong masyarakat peduli dan terlibat aktif dalam perubahan sosial yang positif. Komunitas ini juga bercita-cita untuk mewujudkan Indonesia yang memiliki pemimpin-pemimpin bersih dan berkompeten.

Dalam kesempatan itu, Turun Tangan menyampaikan ratusan surat harapan yang ditulis masyarakat terhadap lembaga antirasuah ini. Koordinator Turun Tangan Herry Dharmawan mengatakan surat itu merupakan cerminan harapan masyarakat dari lima kota, yaitu Jakarta, Bandung, Banjarmasin, Medan dan Malang.

Herry mengatakan saat ini, harapan masyarakat masih tinggi pada KPK. Hal itu terbukti dari jumlah surat yang berhasil dihimpun, yang kemudian dimasukkan ke kotak harapan #IndonesiaUntukKPK.

“KPK harus tahu bahwa rakyat masih percaya, kepercayaan itu tidak boleh dikhianati dengan terbawa pada kepentingan politik penguasa,” ujar Herry.

Pengumpulan surat harapan kepada KPK dilakukan pada Desember 2015 lalu dalam rangka memperingati  Hari Anti Korupsi Internasional yang jatuh setiap 9 Desember dan menyambut terpilihnya Ketua KPK Jilid IV. Pergantian kepemimpinan KPK merupakan salah satu momentum diharapkan dapat menyadarkan semua pihak bahwa perlawanan terhadap kejahatan korupsi harusnya menjadi gerakan semesta.

KPK mengapresiasi upaya itu. Sujanarko berharap, dukungan semacam ini bisa menjadi energi baru bagi lembaga dalam menjalankan amanah rakyat. “Ke depan, kami berharap Turun Tangan juga mampu mengawal agenda antikorupsi,” ujarnya.

(HUMAS KPK) http://www.kpk.go.id

Check Also

Di Kotaraja Kolana Leri Yesus Berbahasa Wersing

Di Kotaraja Kolana Leri Yesus Berbahasa Wersing Sabtu, 9 Desember 2017 penulis berada di Kotaraja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *