Jumat , Desember 15 2017
Home / News / Tanam dan Natal

Tanam dan Natal

Amarasi, infontt.com. Menindaklanjuti himbauan bupati Kupang, Drs. Ayub Titu Eki, maka UPTD Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Kecamatan Amarasi mengadakan kegiatan menanam. Menanam sebagai dukungan kepada pemerintah Kabupaten Kupang dan memberi contoh kepada siswa agar dapat meniru tindakan guru menanam di kebun sekolah.
Maka, di akhir tahun 2015 dan semester pertama tahun pelajaran 2015/2016, UPTD PPO Kecamatan Amarasi, guru SD, siswa SD Inpres Tesbatan dan Tainbira mengadakan kegiatan kegiatan kreatif-edukatif. Disebut demikian karena sesungguhnya program menanam yang dicanangkan bupati Kupang sudah berjalan enam tahun, sehingga patut didukung oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kupang.
Jajaran pendidikan dasar di Kecamatan Amarasi untuk tahun kedua mengadakan kegiatan menanam. Pada tahun pertama mereka menanam berbagai jenis anakan di SD Negeri Roopnoni desa Oenoni. Jumlah yang ditanam 500 anakan seperti kelapa, kemiri, pisang, dan mangga. Menurut Kepala UPTD PPO Kecamatan Amarasi, Yahuda Y. D. Nubatonis, S.Pd, tanaman yang ditanam pengawas sekolah, guru, dan siswa pada tahun pertama (2014 yang lalu) ada perkembangan cukup baik. Diakui bahwa di antara 500 anakan yang ditanam itu ada di antaranya yang mati kekeringan, ada pula yang masih bertahan tumbuh. Ketika ditanya berapa prosen harapan tumbuh. Jawabannya, “Tidak tentu berapa prosen, namun yang pasti ada yang tumbuh, sehingga pasti menghasilkan mulai tahun depan.”
Penanaman tahun kedua ini (2015) dilakukan di area seluas setengah hektar yaitu di halaman/kebun SD Tesbatan. Jumlah yang ditanam sebanyak 1000 jambu mente. Sedangkan anakan lainnya seperti kelapa hanya beberapa buah saja, karena fokus penanaman tahun ini yaitu jambu mente. “Daerah ini cocok dengan tanaman jambu mente, makanya jambu mente yang kami fokuskan di SD ini, seluas setengah hektar. Dan pasti tumbuh. Kalau jambu mente sudah tumbuh dan berakar, pasti terus tumbuh. Kalau sudah begitu pasti berbuah,” kata Nubatonis. Guru dan pengawas sekolah yang ikut dalam kegiatan ini datang dari 20 SD se-kecamatan Amarasi sebanyak 100 orang, dan para siswa SD Tesbatan.
Selanjutnya pada hari berikutnya (17/12/2015), di SD Tainbira masih di desa Tesbatan diadakan natal bersama para guru SD se-kecamatan Amarasi. Kegiatan natal bersama ini sudah diadakan berturut-turut 5 tahun. Hadir pada ibadah natal tersebut dari unsur Kepala UPTD, Pengawas sekolah, Kepala sekolah, guru kelas, guru mata pelajaran, dan siswa dari sekolah yang bersangkutan.
Natal yang diadakan ini dimaksudkan untuk mempererat tali persaudaraan, berbagi pengalaman selama satu semester proses pembelajaran berlangsung, sekaligus saling memberi ucapan selamat mengakhiri satu semester pelajaran, satu tahun dan akan segera masuk dalam tahun yang baru. Nuansa gembira terpancar dari wajah para guru dan siswa yang larut dalam kedamaian natal tersebut (roni).

Ka.UPTD PPO Amarasi menanam
Ka.UPTD PPO Yahuda Y. D. Nubatonis, S.Pd Amarasi menanam

Check Also

Pilkada Kabupaten Kupang, Kemanakah SK Partai Gerindra Akan Berlabuh?

Kupang-infontt.com,- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kupang tahun depan semakin memanas, khususnya di media sosial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *