Jumat , Desember 15 2017
Home / Pariwisata / Benteng None, Pilihan Tujuan Wisata Sejarah

Benteng None, Pilihan Tujuan Wisata Sejarah

 

infontt.com – Objek wisata di berbagai tempat di Nusa Tenggara Timur beragam variannya. Wisata pantai, wisata hutan hingga wisata bernilai sejarah. Salah satunya terletak di kabupaten Timor Tengah Selatan, yaitu Benteng None. Menurut penuturan tokoh masyarakat setempat, benteng None dibangun pada masa lalu dengan cara memagari kampung menggunakan batu-batu. Daerah yang dipagari adalah satu tempat di ketinggian yang memungkinan mereka dapat memantau datangnya musuh dari kejauhan. Pada benteng ini masyarakat membangun rumah-rumah tinggal, sekalipun mereka sadar bahwa untuk sampai ke tempat itu membutuhkan tenaga yang besar karena harus mendaki. Tetapi, demi keselamatan mereka, maka pilihan seperti itu sudah menjadi suatu keharusan.

Benteng none
Benteng none

Masyarakat memanfaatkan kondisi alam dimana terdapat jurang yang cukup curam, sehingga mereka menyusun batu-batu pada sisi yang lain dimana pada tempat itu ada kemudahan musuh bisa mencapai mereka.

Kini, ketika bangsa ini telah menikmati alam kemerdekaan benteng None tetap dipelihara sebagai aset wisata dan salah satu daerah tujuan wisata di daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan. Untuk mencapai tempat ini wisatawan dapat bertolak dari kota So’e, ibukota kabupaten TTS menuju ke arah timur sekitar 20 km.

Masyarakat di dalam Benteng None melestarikan keaslian rumah adat yaitu Umi Kbunu’ dan Lopo.

Di lokasi ini para wisatawan lokal, domestik hingga mancanegara disuguhi pernik-pernik peninggalan leluhur. Pengunjung dapat memperoleh produk kerajinan rakyat yang polesannya menggunakan perlengkapan masa lampau yang belum digantikan dengan peralatan modern. Menurut para tokoh masyarakat mereka ingin mempertahankan tradisi dan budaya setempat sebagai jati diri mereka di dalam Benteng None. Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan sedang giat-giatnya membenahi daerah ini bersama masyarakat di lokasi Benteng None untuk dijadikan salah satu objek wisata andalan pada masa yang akan datang,berhubung lokasinya yang sangat dekat dengan ibukota Kabupaten TTS. Suatu pengalamanan menarik terarah ke masa lampau seakan tergambar di pelupuk mata, bila berada di benteng None (Rolens)

Check Also

Balon Gubernur NTT, Melki Laka Lena Belajar Pariwisata Budaya Di Bagansiapiapi – Riau

Rokan Hilir-infontt.com,- Bakal Calon (Balon) Gubernur NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena ikut berpatisipasi dalam festival …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *